Halloween party ideas 2015



Sleman-Sabtu dan Ahad, 7-8 Oktober 2017 telah dilaksanakan Upgrading Rohis KURMA SMK Negeri 1 Seyegan periode 2017-2018 di Masjid At-Tarbiyah SMK Negeri 1 Seyegan. Acara Upgrading ini diadakan bekerjasama dengan Yayasan Sembada Cendekia (SC). Acara dimulai hari Sabtu pukul 15.30 WIB sampai Ahad pukul 10.00 yang diikuti oleh 25 pengurus baru Rohis KURMA.

Dimulai dari shalat Ashar berjamaah dilanjutkan dengan registrasi dan pembukaan. Kemudian dilanjutkan dengan materi-materi upgrading. Pemateri pertama dibersamai oleh Kak Deni Fathurahman yang lebih beken dipanggil sebagai Kak Defan dari divisi Leadership Yayasan Sembada Cendekia. “Kalem Aja Bray” sebuah tema motivasi dalam berorganisasi yang disampaikan Kak Defan. Tujuan disampaikannya materi ini adalah untuk memotivasi pengurus baru Rohis KURMA dalam mengemban amanah organisasi di Rohis sampai masa yang telah ditentukan. Materi 1 ini-pun berakhir pukul 17.30 WIB.


Break Sholat Maghrib dilanjutkan tilawah bersama, peserta mengikuti dengan hikmat. Disusul acara paling ditunggu-tunggu yaitu makan malam bersama. Salah satu budaya yang masih dijaga oleh Rohis KURMA SMK 1 Seyegan ini adalah partisipasi guru dalam kegiatan Rohis. Terbukti dalam persiapan makan malam, beberapa Ibu Guru menyiapkan ubo rampe (Bahasa Jawa: segala hal) yang diperlukan. Dari mulai persiapan masak, menyiapkan peralatan, menghidangkan menu makan malam hingga mencuci piring yang telah digunakan. Lebih-lebih lagi, menu yang disediakan juga menarik hati dan perut. Ayam goreng, sayur sop, bakso goreng, sambal, dan kerupuk sebagai pelengkap. Panitia, peserta dan pemateri yang telah hadir duduk bersama untuk menyantap masakan yang telah terhidang dengan nikmat.

Setelah sholat Isya' berjamaah kemudian dilanjutkan dengan materi sesi 2 bertajuk Ngopi “Ngobrolin Perkara Iman” yang dibersamai oleh Kak Slamet Riyanto. Kak Slamet dari divisi Islamic Character Building Yayasan Sembada Cendekia, beliau alumnus SMK Negeri 1 Seyegan yang telah mengharumkan almamaternya dengan Sepeda Listriknya bertemu Andi Noya dan orang penting lainnya. Kak Slamet menjelaskan tentang konsep Aqidah yang dilanjutkan dengan pembagian kelompok-kelompok kecil yang dibersamai oleh kakak mentor dari SC untuk berdiskusi. Materi ini diakhiri pukul 21.15 WIB.

Acarapun semakin semangat, dan berlanjut ke materi 3 bertajuk LoL “Leadership Of Life” mengupas tuntas kepemimpinan dan organisasi yang dibersamai oleh Kak Risnu Meidianto R. A. dari divisi ICB Yayasan Sembada Cendekia. Kak Risnu mengantarkan peserta tentang organisasi dan kepemimpinan. Sebagai variasi, Kak Risnu menampilkan cuplikan video dari film Ratatouille, Penguin of Madagascar, Finding Nemo yang dimaknai secara mendalam, sesuai tema materi organisasi dan kepemimpinan. Semakin malam, antusias peserta tak surut, dua pertanyaan terlempar sebelum akhirnya sesi ditutup pukul 22.30 WIB.


Acara inti pun tiba, pelantikan pengurus Rohis KURMA yang baru. Seorang guru SMK Negeri 1 Seyegan menuntun Ketua baru Rohis KURMA untuk mengucapkan ikrar diikuti para anggota. Tak lupa wejangan diberikan kepada semua pengurus baru. Beliau mengingatkan kembali tentang alasan mengapa masuk Rohis? Apa tugas Rohis? Apa tanggung jawab Rohis di sekolah?

Acara malam pun berakhir, semua bersiap-siap beristirahat untuk persiapan sholat lail secara pribadi yang kemudian nanti akan dilanjutkan dengan sholat Shubuh berjamaah dan kultum dari salah satu guru SMK Negeri 1 Seyegan.

Sebelum matahari terik, semua pengurus baru mengikuti Outbond Pagi bersama Kak Nisrina dan Kak Zura dari Yayasan Sembada Cendekia di lapangan basket selatan masjid. Mereka berdua menawarkan banyak permainan yang asyik, seru dan menantang. 4 jenis permainan yang dimainkan memiliki makna masing-masing untuk para peserta, makna tersebutlah untuk menguatkan internal pengurus baru Rohis KURMA ini.

Semua nampak bahagia dan ceria. Sarapan pagi setelah bercapek ria dengan outbond pagi, menambah semangat para peserta. Semua lahap menyantap sajian dari Ibu-ibu Guru tercinta. Sebagai sesi terakhir Kak M. Dzaki Ardian S kepala divisi Leadership Yayasan Sembada Cendekia, menyampaikan tentang materi Dakwah Kreatif dan Inovatif. 

Rangkaian acara Upgrading Rohis KURMA SMK Negeri 1 Seyegan di Masjid At-Tarbiyah akhirnya usai tepat pada pukul 10.00 WIB. Saatnya mewujudkan aksi nyata dengan segala hal yang telah didapat para pengurus baru ini. Tentunya kabar baik ditunggu-tunggu oleh semua keluarga besar SMK Negeri 1 Seyegan khususnya dan masyarakat Sleman umumnya. Teriring do’a kepada semua pengurus baru semoga dikuatkan pundaknya, amanah dan istiqomah dalam mengemban tugasnya.


Kontributor : RMRA
Editor : Betty A. Nov

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.