Halloween party ideas 2015


Sabtu, 7 Oktober 2017 adalah momen perdana Pengurus Yayasan Sembada Cendekia mengadakan kuliah online di whatsapp. Kuliah Online ini bertajuk All About Jurnalistik yang dibersamai oleh Kak Rizky Oktaviani seorang Citizen Journalism. Kulon dimoderatori oleh Risnu Meidianto Rahmat Alviani salah satu kontributor penelehnews dot com. Acara dimulai pukul 19.30 WIB di grup yang telah disediakan oleh panitia. Peserta Kuliah Online adalah sejumlah pengurus yang konsen dalam bidang jurnalistik

Kak Kiky, sapaan akrab pembicara kali ini, mengawali kuliah dengan sebuah pertanyaan, ”Siapa yang pernah menulis di koran, minimal tembus wilayah regional? Seperti Tribun Jogja, Merapi, Kedaulatan Rakyat dll?

Dilanjut Kak Kiky memaparkan tentang pengertian jurnalistik dan citizen journalism yang sekarang masih menjadi topik hangat di berbagai kalangan. “Jurnalistik sendiri intinya adalah proses dari pencarian berita sampai menghasilkan produk berita. Sejak tahun 2010-an muncul trend istilah citizen journalism. Terlebih karena semakin meningkatnya animo masyarakat dalam dunia per-medsos-an. Semua orang bisa membuat berita. Apalagi sekarang jamannya instagram, path, facebook dan yang lainnya.”

Pesan Kak Kiky tentang pentingnya mengapa kita harus terjun ke ranah jurnalistik, ”Terus kenapa kita mesti ikut nyemplung dalam jurnalistik?"

"Jawabannya amat sangat penting buat kita, umat Islam, wa bil khusus pemuda-pemudinya, untuk bisa aktif menulis sebagai salah satu bentuk dakwah."

"Sudah berapa ratus berita yang menjatukan dan memfitnah Islam? Sudah berapa tulisan yang dibuat sebagai serangan terhadap Islam?"

"Maka urgensinya sekarang, sebagai counter attack. Tulisan dibalas tulisan." (berita pemecah belah umat harus dibalas dengan berita yang jujur, benar, akurat, dan lengkap-pent)

"So apa yang harus kita lakukan? Balas dengan tulisan. Salah satunya dengan nulis berita. Kirim ke portal-portal berita online maupun cetak.”

Tips cara membuat berita secara simple menurut Kak Kiky, “Secara umum cara bikin berita yang baik adalah pertama, ambil angel (sudut pandang) nilai berita yang sesuai, kedua, buat judul semenarik mungkin,  ketiga, harus lengkap unsur 5W + 1H-nya juga, keempat, bahasa lugas, kelima, lengkapi dengan foto/gambar/ilustrasi.

Kuliah Online Jurnalistik pun diakhiri pada pukul 21.00 WIB, dengan beberapa pertanyaan yang telah diajukan kepada Kak Kiky sebelumnya. Sebagai penutup, Kak Kiky mengutip dari Pram bahwa 'Menulis adalah bekerja untuk keabadian' dan juga dari Ibu Helvy Tiana Rosa bahwa 'Menulis adalah memahat peradaban'.

Sekarang, dengan alasan apalagi kita nggak nulis, guys? Dan gak bikin berita? Alasan apa lagi?


Kontributor : RMRA
Editor : Betty A. Nov
Sumber gambar: windowsphoneapks

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.