Halloween party ideas 2015


Pendidikan Islam atau dalam istilah bahasa Arab disebut dengan Tarbiyah Islamiyah adalah proses menumbuhkembangkan dan peningkatan diri secara alami, berkesinambungan dan bertahap hingga sampai tingkat sempurna.

Pendidikan Islam itu bukan hal yang diada-adakan, tetapi memang sudah ada dari dulu hingga nanti. Pendidikan Islam ini sudah menghasilkan umat yang tidak diragukan lagi, yaitu para Sahabat Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam. Tetapi, untuk menghasilkan umat yang seperti ini, kita harus memenuhi sifat-sifatnya.

Beberapa sifat Pendidikan Islam yang harus kita penuhi:

1. Kontinyu, yaitu jangan sampai kita mundur dan berhenti untuk menambah ilmu Islam.

2. Membentuk pribadi Islam, meliputi hati (qalbu), otak (fikri) dan otot (jasad), bukan sekedar transfer ilmu tapi paham dan mampu mengamalkan ilmu yang telah didapatkan.

3. Secara bertahap, bahwa segala sesuatu di dunia ini terjadi secara bertahap karena tidak ada yang terjadi secara tiba-tiba kecuali jika Allah subhanahu wata’ala berkehendak.

4. Secara menyeluruh, tidak hanya permukaannya saja, dalami segala ilmu keislaman secara menyeluruh (kaffah).

“Barangsiapa menginginkan dunia maka wajib baginya berilmu, barangsiapa yang menginginkan akhirat maka wajib baginya berilmu, dan barangsiapa yang menginginkan akhirat maka wajib baginya berilmu, dan barangsiapa yang menginginkan keduanya maka wajib baginya berilmu.” HR. Thabrani

Sumber : Tim Satuasa, 2016. Buku Pintar Mentoring. Jakarta: Yayasan Tunas Bangsa Indonesia.

Editor : Betty A. Nov

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.