Halloween party ideas 2015




STMC, Program Student Mapping Class yang telah diselenggarakan Ahad, 29 Januari 2017 di Aula SMK Negeri 1 Depok. Sesuai dengan tema progam ialah Kenali Diri dan Minat Pilih Kuliah dan Karir Lebih Tepat. Tujuan penyelenggaraan program STMC adalah untuk membimbing siswa-siswi kelas XII SMA/SMK sederajat untuk lebih mengenali diri sendiri, mengarahkan siswa-siswi pada cita-citanya sesuai dengan minat dan kemampuan diri yang dimiliki.


Program yang didesain khusus untuk pelajar kelas XII SMA/SMK sederajat ini menghadirkan dua pembicara yang konsen pada bidang psikologi remaja dengan dimoderatori oleh Reza Armanda, S.Psi. seorang Pemerhati Remaja lulusan Psikologi UGM. Kak Reza sapaan akrabnya, membuka workshop dengan penuh semangat. Acara STMC secara garis besar terdapat dua workshop yaitu Life Mapping dan Pemetaan Minat. Workshop dimulai dengan pemberian materi motivasi bersama di aula, kemudian dilakukan pembagian peserta menjadi lima kelas untuk mengerjakan lembar peminatan dan mengikuti Coaching Clinic.


Pembicara pertama Retno Handayani Wening, S.Pd., Guru Bimbingan Konseling di sebuah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri kota Yogyakarta memberikan pengarahan kepada peserta tentang bagaimana mengkomunikasikan gagasan masa depan kepada orang tua. Sering kali, orang tua menginginkan anaknya untuk masuk jurusan di perguruan tinggi sesuai pilihan orang tua dengan pertimbangan prospek kehidupan mendatang. Padahal keinginan anak berbeda dengan keinginan orang tua, anak ingin memperdalam wawasan sesuai dengan minat dan potensi yang dimiliki.



Dilanjutkan dengan pembicara kedua adalah Isnan Hidayat, S.Psi., lulusan terbaik Psikologi UGM 2013 sekaligus sebagai Co Founder Gerakan Citarasa Kebaikan Pelajar Indonesia memberikan motivasi kepada peserta agar lebih mengenali diri sendiri, mengenal lebih dalam apa minat bakatnya sehingga setiap peserta mampu mengarahkan diri ke arah jurusan atau karir yang lebih tepat.  


Peserta yang hadir merupakan perwakilan dari SMA/SMK sederajat di DIY, peserta STMC terdiri dari pelajar Kabupaten Sleman, pelajar Kabupaten Bantul, dan pelajar Kota Yogyakarta dengan total 123 peserta.


“Dengan Pelaksanaan STMC ini harapan kami bagi pelajar yang hadir agar dapat menemukan bakat terpendam dalam dirinya, paham talentanya, dan mampu membuat Life Mapping lebih jelas. Sehingga mereka bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki dan menjadi pelajar yang mampu berkarya untuk bangsa. STMC ini hadir bukan sekedar untuk memilih jurusan apa saat kuliah, tapi untuk belajar membuat peta hidup pribadi agar lebih bermakna.” Harap Sulistya, S.Si., C.Herb., Ketua Yayasan Bina Remaja Sembada Cendekia.


Sesuai dengan program utama Yayasan Bina Remaja Sembada Cendekia yaitu “Echa” Education and charity juga sesuai dengan tagline yayasan Muda Qur’ani Berprestasi, maka program STMC diadakan. Ketua panitia STMC juga berharap agar program ini tidak hanya bisa diikuti untuk pelajar di DIY saja, tapi semoga bisa diikuti oleh pelajar Indonesia secara luas. Program ini dapat berjalan dengan baik dengan dukungan dari berbagai pihak, rekomendasi dari Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Sleman, SMK Negeri 1 Depok sebagai tuan rumah, dan para donatur.

Kontributor: Betty A. Nov

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.