Halloween party ideas 2015


Usia remaja yang memiliki rasa keingintahuan yang tinggi, dengan sifat yang mudah dipengaruhi oleh lingkungan. Hal inilah yang membuat emosional remaja yang tidak stabil, sehingga mudah terprovokasi antaranya melalui alat canggih yang selalu mereka genggam yaitu Handphone. Tidak sedikit pelajar bahkan anak-anak di era yang semakin canggih ini pun sudah memiliki Smartphone dengan segala fasilitas sosial medianya.

Isue yang beredar di masyarakat dalam beberapa waktu belakangan ini, tentang keberadaan kelompok atau gank yang meresahkan, membuat tidak sedikit para orang tua mencemaskan anak-anaknya. Terutama mereka para orang tua pelajar SMA/SMK baik sekolah negeri maupun swasta. Kekawatiran ini semakin menjadi karena teringat kasus pengeroyokan oleh sekelompok pelajar yang akhirnya seorang pelajar yang dikeroyok itupun meninggal.

Yayasan Bina Remaja Sembada Cendekia yang bergerak dalam bidang pembinaan dan pendampingan potensi pelajar, sejauh ini hingga semenjak mendapatkan akta notaris Sukarno, S.H. No: 05/12-03-2012 secara resmi pada bulan Maret tahun 2012. Terus mencoba melakukan pendekatan kepada remaja pelajar SMA/SMK di Sleman, terutama dalam pendampingan ruhani spiritual serta kegiatan-kegiatan pembinaan yang mendukung.

Yayasan ini didirikan atas gagasan para alumni beberapa SMA/SMK di Sleman karena merasa perhatian atas kondisi pelajar yang semakin memprihatinkan. Berawal dari kumpulan beberapa alumni yang melanjutkan studi ataupun para alumni yang sudah bekerja namun berkomitmen dan merasa ikut turut serta bertanggungjawab atas masa depan generasi penentu bangsa, minimal adik-adik dari sekolah almamaternya. Untuk alasan itulah dirasa perlu melegalkan Yayasan agar mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.

Bentuk kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Yayasan Bina Remaja Sembada Cendekia dalam rangka pendekatan ruhani dan emosional pelajar adalah mentoring agama Islam. Kegiatan mentoring ini berupa diskusi tentang permasalahan pelajar yang sedang dialami dan juga pemberian materi agama Islam yang aplikatif. Tujuannya adalah agar dapat meneruskan kembali semangat remaja untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, karena umumnya setelah usia tidak lagi anak-anak sudah malu untuk ikut TPA. Padahal ngaji itu penting karena sebagai penjagaan kekuatan spiritual. Kegiatan mentoring didampingi oleh seorang Mentor dan sekitar lima sampai sepuluh pelajar dalam satu kelompok. Metode pembinaan mentoring digunakan oleh Yayasan dengan pertimbangan agar setiap peserta bebas menyampaikan permasalahannya, serta intensif memberikan solusinya, selain itu diharapkan dapat menciptakan rasa kekeluargaan yang hangat diantara para peserta mentoring.

Selain kegiatan mentoring kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama, banyak kelompok dalam satu kesempatan adalah rihlah. Rihlah adalah outbond dengan pemaknaan spiritual atau biasa disebut tadabbur alam. Pada awal tahun 2012 Yayasan menyelenggarakan rihlah di lereng Merapi pasca erupsi, Yayasan mengajak Mentor dan para pelajar SMA/SMK Sleman untuk melihat secara nyata keagungan Allah SWT dan banyak-banyak mengambil hikmahnya.

Kegiatan lainnya adalah kegiatan pembinaan potensi melalui SMS (Sekolah Mentor Sleman), Training Motivation, LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan), KTAPEL (Kajian Tematik Pelajar) yang diselenggarakan secara road to school, MBS (Mentoring Bersama), Kajian Keakhwatan (Keputrian), Buka Bersama Pelajar saat Ramadhan, dan sebagai agenda hajatan Yayasan yang harapannya akan bisa diselenggarakan setahun sekali adalah MEX (Mentoring Expo). MEX 2014 pada bulan Februari kemarin mendapatkan dukungan dari pemerintah, Camat Godean sempat memberikan sambutannya dan mengapresiasi penyelenggaraan MEX. Kegiatan yang terdapat dalam MEX adalah aneka perlombaan pelajar, pertunjukan nasyid serta kelompok hadroh pelajar dengan dimeriahkan oleh stand-stand kreatif pelajar dan lembaga-lembaga pendukung seperti Quantum Remaja dan FIKR (Forum Ikatan Rohis Sleman).

Oleh karena itu, Yayasan Bina Remaja Sembada Cendekia mengharapkan dukungan dari berbagai pihak baik dari orang tua agar tidak pernah lelah mendampingi perkembangan putra-putrinya diusia remaja, karena justru pada usia remajalah sangat membutuhkan pendampingan karena sedang mencari tujuan hidupnya. Pihak sekolah, baik kepala sekolah dan guru agar selalu memotivasi dan mengarahkan peserta didiknya bahwa prestasi dan masa depan bangsa bukan hanya berasal dari lulusan yang pintar secara akademiknya saja, tapi karakter moral remaja sekarang akan menentukan peradaban bangsa dimasa depan. Pihak pemerintah, agar dapat memberikan dukungan nyata kepada Yayasan Bina Remaja Sembada Cendekia juga dalam rangka membantu menjaga generasi penentu bangsa, serta mengharap perhatian dan dukungan masyarakat luas.
Bagi siapapun Anda yang turut prihatin atas keadaan remaja kita hari ini dan tergugah hatinya dalam hal pendampingan moralnya, terutama di Sleman. Yayasan membuka lebar bagi Anda yang ingin membantu dan memberikan dukungan baik berupa pendanaan ataupun yang lainnya, agar kegiatan pembinaan pelajar Sleman terus dapat berlangsung dan bermanfaat bagi bangsa kedepannya. Agar Yogyakarta tidak kehilangan identitas julukan sebagai Kota Pelajar yang berkependidikan dan bermoral.
Kami menyambut dan mempersilahkan Anda untuk menghubungi kami Divisi Humas dan Fundrising Yayasan Bina Remaja Sembada Cendekia dapat melalui
Akun Facebook: Sembada Cendekia
Twitter: @sembadacendekia
Nomor HP: 085643180284 atas nama Betty Ayu Noviani
 
Terimakasih atas perhatian, dukungan dan bantuan Anda terhadap kegiatan pembinaan pelajar Sleman, semoga Allah SWT membalasnya dengan keberkahan yang melimpah.
 
 

Mentoring
 

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.