Halloween party ideas 2015

dimuat di Koran Tribun Jogja, Rubrik Citizen Journalism
tanggal 29 Juni 2012, halaman 1 (bersambung ke halaman 7)



Sembada Cendekia (Organisasi Pengembangan Potensi Remaja Pelajar Sleman Barat) menggelar acara Sarasehan Fotografi Pelajar Sleman pada hari Minggu (17/06/2012) kemarin. Kegiatan tersebut bertempat di Ruang Pendopo, Kantor Kecamatan Godean, Sleman. Acara ini tidak hanya dihadiri oleh siswa-siswi SMA dari Kabupaten Sleman saja, akan tetapi juga beberapa siswa dari SMA dari Kabupaten Bantul seperti SMA N Sedayu.

Acara tersebut diadakan dengan tujuan mengembangkan potensi para pelajar di Sleman terkait bidang fotografi dan jurnalistik. “Harapannya, para pelajar mampu menggunakan media (kamera dan handphone) yang mereka miliki agar bermanfaat bagi masyarakat dan juga untuk melatih para pelajar tersebut menjadi seorang jurnalis,” kata Wahid Hariyadi selaku Ketua Bidang PPRP (Pengembangan Potensi Remaja Pelajar) Sembada Cendekia.

Kegiatan kali ini juga mencoba untuk menggali lebih dalam mengenai seluk beluk fotografi untuk kepentingan jurnalistik. Beberapa teknik dalam fotografi pun diajarkan terutama mengenai pengambilan gambar yang baik dengan teknik EDFAT (Entire, Detail, Frame, Angle, Time) dan foto situasioanal terkait peristiwa aktual yang menarik khalayak umum. Sehingga, para pelajar mampu untuk mengembangkan minat bakat mereka di bidang fotografi sekaligus jurnalistik. “Di era global yang serba cepat, persaingan antara media massa, cetak, dan elektronik, ialah berlomba untuk merebut perhatian masyarakat. Visualisasi merupakan pilihan utama untuk menarik perhatian. Orang cenderung lebih suka mendengar dan melihat daripada membaca tulisan. Gambar atau foto dapat bicara. Sehingga, hanya dengan sebuah foto kita dapat menunjukkan maksud yang ingin kita sampaikan kepada masyarakat,” kata Iswahyudi selaku pembicara pada acara Sarasehan Fotografi Pelajar Sleman sekaligus sebagai salah satu pengurus komunitas fotografi di Yogyakarta.

Selain itu, para peserta juga diajak untuk mengaplikasikan teknik yang diajarkan melalui kamera masing-masing peserta. Hasil foto tersebut ditampilkan dan mendapat berbagai masukan dari pembicara agar karya para peserta selanjutnya semakin baik. Para peserta pun sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. “Acaranya seru. Saya jadi tahu mengenai teknik pengambilan foto yang bagus. Apalagi digabungkan dengan jurnalistik. Sangat bermanfaat bagi para pelajar seperti saya yang ingin menjadi seorang jurnalis,” ujar Annisa Zuhriyati, salah seorang peserta dari SMA N 1 Godean.





Rizky Oktaviani
Staff Bidang Media Sembada Cendekia

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.