Halloween party ideas 2015


PUASA ASYURA'

Assalammu'alaikum sahabat fillah,,alhamdulillah beberapa hari lagi kita akan menemui Tahun Baru Islam,,dan padabulan Muharram tersebut ada sebuah keutamaan puasa di dalamnya,,Yaah puasa pada tanggal 10 Muharram (hari Asyura') berdasarkan hadist Rasululloh :
"Dari Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Sebaik-baiknya puasa setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah Muharram. Dan sebaik-baiknya ibadah setelah ibadah wajib adalah shalat malam.” (HR Muslim)
Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam pernah ditanya tentang shaum pada hari Asyura`, maka beliau menjawab :
“(Shaum tersebut) menghapuskan dosa-dosa setahun yang telah lewat.” [HR. Muslim 1162)..(4)
Dan puasa hari Asyura' itu adalah puasa pada tanggal 10 Muharram.
Bulan Muharram adalah salah satu Bulan yang dimuliakan Alloh,,dan banyak keutamaan-keutamaannya sehingga sering disebut bulan Alloh (Syarulloh) pada BUlan ini Alloh membebaskan Nabi Musa as dan Bani Israil dari kejaran Fir'aun,maka sebagai wujud syukur mereka memuliakannya dengan berpuasa.Kemudian Nabi saw bepuasa pada hari itu sebagai wujud syukur atas pertolongan Alloh

Dulunya puasa Asyuro' ini hukumnya wajib tetapi setelah turun perintah puasa Ramadhan maka puasa asyuro' hukumnya menjadi sunnah.

Bahwa Nabi shalallahu’alaihi wa sallam ketika tiba di Madinah, beliau mendapat Yahudi berpuasa pada hari ‘Asyura. Maka beliau bertanya (kepada mereka) : “Hari apakah ini yang kalian bershaum padanya?” Maka mereka menjawab : “Ini merupakan hari yang agung, yaitu pada hari tersebut Allah menyelamatkan Musa beserta kaumnya dan menenggelamkan Fir’aun bersama kaumnya. Maka Musa bershaum pada hari tersebut dalam rangka bersyukur (kepada Allah). Maka kami pun bershaum pada hari tersebut” Maka Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam bersabda : “Kami lebih berhak terhadap Musa daripada kalian.” Maka Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam bershaum pada hari tersebut dan memerintahkan (para shahabat) untuk bershaum pada hari tersebut. [HR. Al-Bukhari 2004, 3397, 3943, 4680, 4737. Muslim 1130]


Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika disampaikan kepada beliau bahwa tanggal 10 Muharram adalah hari yang diagungkan orang-orang Yahudi dan Nashrani, maka beliau bersabda,
فَإِذَا كَانَ الْعَامُ الْمُقْبِلُ – إِنْ شَاءَ اللَّهُ – صُمْنَا الْيَوْمَ التَّاسِعَ
“Kalau aku masih hidup tahun depan, maka sungguh aku akan berpuasa pada tanggal 9 Muharram (bersama 10 Muharram).” [5]
Hal ini untuk membedakan kita dengan kebiasaan kaum Yahudi.

Adapun Hadist ;
''Berpuasalah pada hari 'aAsyuura' dan selisihlah orang-orang Yahudi,berpuasalah sehari sebelumnya atau sehari sesudahnya."maka hadis ini sanadnya lemah dan tidak bisa dijadikan sandaran dianjurkannya puasa pada tanggal 11 Muharram.(6)


OH iya,,ada 4 bulan Haram(mulia) dalam islam yaitu Dzulqa'dah,Dzulhijjah,Muharram, dan Rajab.

Allah swt berfirman yang artinya:
“Sesungguhnya jumlah bulan di kitabullah (Al Quran) itu ada dua belas bulan sejak Allah menciptakan langit dan bumi, empat di antaranya adalah bulan-bulan haram,” (QS. At Taubah: 36)

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari uraian singkat ini diantaranya ;
1.Bahwa kita di anjurkan untuk berpuasa Asyuro' pada tanggal 10 Muharram.
2.Kita boleh berpuasa tgl 10 Muharramnya saja,,tapi lebih baik juga jika kita berpuasa tgl 9 Muharram untuk menyelisih dengan KAUM yahudi (5)
3.Bahwa keutamaan dari puasa Asyuro' ini adlah dapat menggugurkan dosa2 setahun lalu.(4)

Selamat mempersiapkan diri untuk berpuasa Asyuro' sahabatfillah,,semoga yang sedikit ini bisa menjadi pengingat kita,,yaa kadang2 kita terlalu sibuk dengan tugas2 kita sehingga lupa besok itu tanggal berapa,,masih cukup lama juga 10 Muharram itu,,jadi tepat juga jika di ingatkan dari sekarang,,takut LUpa hehe..

Jika ada keslahan pengetikan atau kekurangn saya mohon maaf,,dan mengharapkan pembenahan dari sahabat semua..Jazakumulloh khoir^_^

#WY

Wassalammu'alaikum,,
Didapat dari berbagai sumber*

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.