Halloween party ideas 2015


Oleh : Mana

Miris memang melihat apa yang terjadi dengan pemuda kita hari ini, sebut saja aksi tawuran antar pelajar yang akhir-akhir ini semakin merebak. Ada apa sebenarnya dengan pemuda kita hari ini?

Kawan, tak pelak lagi bahwa sejarah memperlihatkan bagaimana semangat pemuda di era mempertahankan kemerdekaan Indonesia begitu luar biasa. Semangat itu diabadikan dalam coretan-coretan di dinding kota, gerbong kereta, bahkan depan toko-toko. Coretan-coretan yang meneriakkan slogan kemerdekaan, perjuangan, dan kebebasan dari penjajahan. Coretan yang tak hanya sekedar pengisi ruang kosong di jalanan namun di dalamnya penuh dengan pesan dan sarat akan makna. Pesan yang mampu menggelorakan semangat perjuangan para pemuda Indonesia melawan penjajahan. Siapa yang tak bergetar membaca tulisan “merdeka atau mati” di gerbong kereta api yang dituliskan oleh para pejuang kemerdekaan kala menghadapi kolonial Belanda?

    Kawan, mari ku ajak sejenak melupakan foto-foto perjuangan rakyat kita dahulu dan menilik sudut-sudut kota kita yang kita cintai hari ini, akankah kita menemukan coretan dinding-dinding yang senada dengan  para pejuang kemerdekaan?





 



Diri ini hanya tertunduk dan menghela nafas panjang saat menemukan kenyataan pahit terhadap apa yang kita lihat, yaa.. saya menemukan dinding-dinding di kotaku itu penuh dengan coretan-coretan semangat, tapi bukan lagi semangat memperjuangkan kemerdekaan maupun semangat memperjuangkan perlawanan terhadap para penjajah bangsa. Semua berubah menjadi coretan-coretan gank-gank pemuda yang tak jelas apa yang mereka perjuangkan. Kini, coretan itu tak lagi meneriakkan pesan melawan penjajah, namun meneriakkan pesan melawan gank lain. seolah-olah tulisan itu berkata “inilah kami, kelompok yang berkuasa di wilayah ini, kami lah yang eksis di sini”.
Malu diri ini melihat apa yang terjadi pada generasi penerus kita. Seperti inikah pemuda kita ? berjuang saling melawan antar generasi penerus bangsa lainnya? Itukah yang mereka perjuangkan saat ini? Apakah mereka ingin menunjukkan kelompoknya adalah kelompok yang paling berkuasa dan paling disegani?
Sekali lagi diri ini hanya bisa menghela nafas, dan mengucap doa Ya Allah selamatkanlah generasi penerus bangsa kami dari kehancuran, karena sesungguhnya merekalah yang akan melanjutkan estafet perjuangan para pahlawan kami terdahulu.





sumber gambar : 
http://www.kaskus.co.id/post/000000000000000731489841#post000000000000000731489841
http://www.flickr.com/photos/humansucks/5912457806/
http://www.flippermagz.com/inspirasi/corat-coret-nama-geng-gue/




Posting Komentar

  1. Dibuat kaligrafi aja itu harusnya...

    BalasHapus
  2. yo bner mas tehamz, dari pada kotor nggak karuan.. mending dilombakke wae dadi kaligrafi dinding..

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.