Halloween party ideas 2015

Pemerintah Austria dan komunitas Muslim merayakan 100 tahun diakuinya agama Islam sebagai agama resmi di negara Eropa tersebut.

"Austria adalah sebuah model di Eropa dalam berurusan dengan Islam, tetapi Muslim Austria juga merupakan model Eropa," kata Omar Al-Rawi, seorang anggota dewan Kota Wina, kepada BBC hari Selasa, 3 Juli,

Komentar Al-Rawi itu muncul saat pemerintah Austria menyelenggarakan perayakan 100 tahun  mengakui Islam sebagai agama resmi di negara ini. Hukum di Austria memberikan Muslim hak yang sama seperti agama-agama lain yang diakui secara resmi di Austria, seperti Katolik, Lutheranisme, Yahudi dan Budha.

Digambarkan sebagai hal unik di Eropa oleh anggota Komunitas Islam Austria, hukum di Austria juga menjamin hak-hak umat Islam termasuk pendidikan agama di sekolah negeri, administrasi urusan internal dan ibadah umum. Hukum ini berlaku pada tahun 1912, di bawah  Kaisar Franz Joseph, sebagai akibat dari aneksasi Austria atas Bosnia-Herzegovina.

Muslim Austria memuji kebijakan ini untuk membantu integrasi Muslim ke dalam masyarakat , memberikan mereka rasa yang diterima.

"Muslim tahu bahwa dengan hak ada juga kewajiban dan tugas," kata Al-Rawi.

Muslim Austria diperkirakan sekitar setengah juta atau hampir 6 persen dari 8 juta penduduk negara Eropa tersebut.

Di Wina, ibu kota Austria, Islam adalah kelompok agama terbesar kedua, setelah Katolik Roma. Sekitar 60.000 anak-anak mengambil bagian dalam kelas pendidikan agama Islam di sekolah negeri Austria, menurut Komunitas Islam.

Pada tahun 2007, Muslim Austria telah melakukann kampanye nasional untuk memperkenalkan Nabi Muhammad SAW dan ajaran-ajarannya kepada penduduk Austria lainnya. Kampenye ini sebagai respon atas penggambaran buruk kepada Nabi Muhammad oleh kartunis Denmark tahun 2005.

[muslimdaily.net/OI]



sumber : http://muslimdaily.net/berita/internasional/100-tahun-pengakuan-islam-sebagai-agama-resmi-di-austria.html

Posting Komentar