Halloween party ideas 2015

Judul di atas BUKAN fiktif belaka !

Bermula dari amanah yang kudapat, yaitu mengisi mentoring di sebuah SMK di kawasan Godean (guess where? :D).

Mentoring itu apa ?

Mentoring itu kayak tutorial. Hanya saja, mentoring dilakukan pada jenjang SMP atau SMA/SMK sederajat.


So, bisa ditebak apa saja kegiatan yang dilakukan saat mentoring.

Namun, tutorial dan mentoring itu AGAK beda lho. Kalau seorang tutor memberi materi kepada binaannya, Insya Alloh lebih mudah ya. Sebab karena because, mereka sama-sama mahasiswa. Jadi, pola pikirnya kurang lebih sama. Mau bahas masalah di kampus, nyambung. Mau bahas tugas-tugas kuliah, asyik lah.
Tapi.. kalau membina di SMP dan SMA/SMK..


BEDA.

Gampang-gampang susah-susah

Materi yang kita sampaikan harus menarik dahulu di benak mereka. Kita gak bisa langsung kasih materi, misal tentang ghozwul Fikr atau ilmu lain yang dianggap “berat” oleh remaja seusia mereka. Butuh stimulus dulu agar mereka mau belajar dan menerima ilmu lebih dalam. Kita aja, kadang sering gak ngerti bahkan males kalau kebanyakan bahasa Arabnya. Ngakuuuu..

Jadi, butuh teknik dan inovasi-inovasi baru agar mereka bisa tetap istiqomah mentoring. Games, kado silang, jalan-jalan, makan bareng, adalah selingan yang wajib dilakukan biar mereka gak bosen.

Mentoring bikin kantong bolong dong?

Siapa bilang? Justru itu namanya menabung dan sedekah :D

Ngabisin duit buat pacar aja rela, masa’ “sedekah” buat agama Alloh gak rela? :3

Nah, pekan kemarin, aku memberi “tugas” kepada mentee-ku  (mentee : adik binaan). Tugasnya bukan untuk mencari artikel atau bahkan menulis essay, tapi menulis mimpi-mimpi mereka.

Karena apa? (meniru seorang mahasiswa/dosen)

Karena mereka adalah para siswi SMK. Karena mereka sama dengan murid lain yang di SMA. Dan mereka juga berhak punya mimpi [!] faktor X : biar mereka gak bosen aja :P

Awalnya kukira respon mereka hanya biasa-biasa saja. Sebab, saat kusuruh menulis di kertas, mereka agak males-males kucing (eh, itu malu-malu!). tapi ternyata..

Voila..

Mimpi mereka lebih bagus dari mimpiku :D jadi malu

cekidot :


















mimpi nomor 5 !!!! Subhanalloh, saya malu semalu-malunya :((






mimpi no. 8 dan 9 are  so adorable :"")























Ahli Busana sekaligus musisi.. cool !!!!































































mimpinya dek yuli thumbs up deh.. jarang ada yg mimpi untuk lebih baik dalam beribadah
#shame :3











kalo adekku yang satu ini, ahli busana plus atlet..
waoww...















yang membuatku malu adalah :
mayoritas mereka bermimpi untuk MEMPERBAIKI IBADAH..

bagaimana dengan kita??

dunia sajakah??? introspeksi diri yukkkk :)
introspeksi mimpi-mimpi kita juga :)


(nb : masih ada beberapa adek ku yang fotonya belum kumasukkan di sini, hehe, lama uploadnya.. :p)

http://rizkyoktaviani.blogspot.com/2012/03/smk-bisa.html

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.